Rabu, 16 Juli 2014

Perkembangan Teknologi


Perkembangan teknologi nggak melulu tentang computer, HP,TV dll. Hardisk juga termasuk dari perkembangan teknologi. Hardisk adalah adalah suatu perangkat keras (hardware) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder yang berisi piringan magnetis. Hardisk atau hardisk drive (HDD) merupakan salah satu komponen penting dari komputer.

Alat yang dilapisi oleh lapisan alumunium ini pertama kali dibuat oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Pertama dibuat, hardisk ini terdiri dari 50 piringan berukuran 0,6 meter dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Pada tahun – tahun berikutnya munculah berbagai macam perusahaan yang bersaing dalam pembuatan hardisk sampai saat ini. Ukurannya pun menjadi lebih kecil, tetapi data yang dapat tersimpan menjadi lebih besar, bahkan melebuihi 1Terabyte.

Hardisk pertama yang diluncurkan IBM pada September 1956 dengan titel 305 RAMAC.
Kapasitas hardisknya sebesar 5 Mb dan merupakan Komputer pertama dengan menggunakan hard disk drive. Berat hardisk tersebut lebih dari 1 ton. Bentuknya besar juga kaya kulkas hehehe. Tapi sekarang bentuknya sudah makin kecil dan imut-imut dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Jadi tenang aja nggak usah bingung bawa yang besar-besar kaya gitu.

hardisk petama kali muncul
hardisk saat ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar