Rabu, 16 Juli 2014

Hai Psikologi!!!



Kali ini aku akan sedikit menuliskan tentang jurusan yang aku pilih di UMM  Jurusan Psikologi. Psikologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani Psychology yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Menurut beberapa para ahli pengertian psikologi berbeda-beda tapi, maknanya sama. Dibawah ini pengertian psikologi menurut para ahli :
1.    1. Pengertian Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat  secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.
2.    2. Pengertian Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
3.     3. Pengertian Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.

Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari.
lambang psikologi
Perkembangan psikologi sendiri adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan meninggal. Terapan dari ilmu psikologi perkembangan digunakan di bidang berbagai bidang seperti pendidikan dan pengasuhan, pengoptimalan kualitas hidup dewasa tua, penanganan remaja.

Psikologi telah berkembang pesat baik secara teoritis dan praktis. Saat ini terapan psikologi telah banyak memberikan kontribusi di bidang:
Psikologi Industri dan Organisasi
Psikologi Anak, Remaja, Dewasa dan Keluarga
Psikologi Pendidikan
Psikologi Sosial, Lingkungan Budaya
Psikologi Klinis
Psikologi Riset

Lulusan Jurusan Psikologi juga mampu melaksanakan penelitian, menyusun laporan penelitian psikologi secara ilmiah, mengenal, menghayati dan mengamalkan kode etik psikologi serta menunjukkan kepekaan terhadap nilai dan masalah sosial budaya, politik dan ekonomi yang mempengaruhi manusia sehingga mampu menginterpretasikan tingkah laku manusia tersebut. Sarjana Psikologi mempunyai bekal teori-teori psikologi, sedangkan Profesi Psikologi membekali Sarjana Psikologi tersebut dengan latihan praktek sehingga dapat menjadi Psikolog yang profesional. Profesi Psikolog dapat menangani bidang psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi perkembangan, psikologi industri, psikologi organisasi, serta psikologi umum dan eksperimen.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar